Jenis Jenis Kabel

Jenis Jenis Kabel- Jenis Jenis Kabel sangatlah penting untuk diketahui. Apalagi jika anda adalah pelajar SMK yang memilih jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Kabel yang biasa kita gunakan sebagai alat penghubung antara benda yang satu dengan benda yang lainya ternyata tidak hana memiliki satu jenis seperti yang kita ketahui. Kabel yang paling populer adalah yang memiliki isi dua kabel yang berbeda jurusan (AC). Kabel kabel yang digunakan pada komputer tidaklah hanya memiliki satu atau dua jenis melainkan lebih dari itu. Dibawah ini adalah beberapa jenis kabel yang mungkin anda belum ketahui.

1.Kabel NYA.

Kabel NYA merupakan jenis kabel yang memiliki tiga tembaga didalamnya. N,adalah kabel jenis standard dengan penghantar tembaga. Y,adalah kabel isolator PVC. A, merupakan kawat berisolasi. Berikut adalah ciri ciri kabel NYA:

1.Berinti satu kawat (tunggal).

2.Isolator yang memiliki warna merah, kuning, biru atau hitam.

3.Kabel ini tidak memungknkan untuk ditanam didalam tanah (Kabel udara).

4.Banyak digunakan untuk sistem tenaga dan instalasi rumah.

5.Kabel yang harganya sangat terjangkau atau bisa dikatakan murah.

6.Pada instalasi rumah kabel yang digunakan berkisar 1,5 mm persegi dan 2,5 mm persegi.

7.Sangat mudah rusak atau cacat dan tidak tahan air karena hanya memiliki lapisan isolator satu lapis.

Penggunaan yang aman untuk menggunakan kabel jenis ini ialah dengan menaruhnya didalam pipa besi atau yang lebih sering digunakan ialah pipa conduit jenis PVC atau saluran yang tertutup. Sehingga tikus tikus tidak mudah untuk memakan kabel atau menggigiti kabel dan airpun tidak akan memiliki celah untuk masuk dan menyentuh kabel. Sehingga tingkat keamanannya dapat terjamin dan lebih awet.

2.Kabel NYAF.

Berikut adalah beberapa ciri ciri dari kabel NYAF:

1.Kabel listrik yang berserabut tetapi berinti tunggal.

2.Memiliki bahan dasar tembaga yang murni(campuran atau murni adalah tergantung dengan merk).

3.Dilapisi oleh isolator PVC yang memiliki kualitas menengah.

4.Kabel ini hanya dapat digunakan di tempat yang kering.

5.Kabel ini memiliki sefat yang fleksibel yang cocok digunakan pada area atau lokasi yang berkelok kelok.

Kabel ini memiliki beberapa peraturan untuk digunakan seperti dilindungi lagi oleh pipa distribusi. Penggunaan pipa sangat diutamakan karena kabel ini sangatlah mudah untuk terkena korosi dalam jangka waktu yang lamaterutama pada kabel yang berbahan dasar tembaga campuran. Sebab iyulah yang membuat kabel jenis iniĀ  tidak cocok digunakan pada tempat yang memiliki kelembaban yang tinggi.

3.Kabel NYM.

Kabel jenis ini adalah kabel yang hampir sama dengan kabel NYA, Perbedaanya ialah terdapat pada kabel ini yang berselubung PVC. Berikut adalah ciri ciri dari kabel NYM:

1.Kabel jenis ini memiliki isolasi luar jenis PVC yang berwarna putih atau abu abu dengan selubung karet di dalamnya.

2.Memiliki inti dua, tiga atau empat kawat tunggal dan pada masing masing inti memiliki isolasi PVC dengan warna berbed.

3.Kabel jenis ini relatif memiliki kekuatan yang melebihi kabel jenis NYA karena adanya selubung karet dan isolasi PVC.

4.Kabel ini dapat dipergunakan dilingkungan yang kering ataupun basah, namun tidak dianjurkan untuk ditanam.

5.Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih mahal daripada kabel jenis NYA.

4.Kabel NYY

berikut adalah ciri ciri kabel NYY:

1.Kabel ini memiliki inti kawat tunggal dengan jumlah inti mencapai dua, tiga atau empat.

2.Karet isolator kabel ini, rata rata memiliki pelengkap dengan bahan anti gigitan tikus.

3.Kabel ini bersifat kuat dan kaku dibandingkan dengan kabel yang berjenis NYM.

4.Untuk pemasanganya sendiri juga dapat diperketat dengan menggunakan pipa PVC atau pipa besi terutama untuk aliran listrik tegangan tinggi.

5.Kabel ini dirancang untuk instalasi tetap didalam tanah yang dimana harus tetap diberikan perlindungan.

5.Kabel NYMHY/NYYHY.

Kabel jenis ini memiliki tembaga berbentuk serabut dan berisolasi PVC. NYMHY pada umumnya berwarna putih dan NYYHY biasanya memiliki warna hitam. Kabel-kabel ini memiliki inti lebih dari 1 kabel. Kabel ini biasanya digunakan untuk instalasi didalam rumah yang tidak permanen, karena kabel ini memiliki sifat fleksible dan tidak mudah patah.Kabel jenis ini khusus dan direkomendasikan untuk digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga yang sangat sering untuk dipindah pindah dan harus ditempatkan di tempat yang kering. Kabel ini mempunyai isolasi plastic yang tahan panas. Bilamana digunakan untuk penghubung alat pemanas, maka pada titik sambungannya antar alat dengan kabel, temperaturnya tidak boleh lebih dari 85 derajat Celcius, karena hal tersebut dapat membahayakan kabel itu sendiri.

6.Kabel ACAR


Kabel ACAR merupakan kawat penghantar aluminium yang sudah diperkuat dengan logam campuran, sehingga kabel ini dapat lebih kuat daripada kabel ACSR.

Diatas merupakan beberapa jenis kabel yang dapat saya sampaikan. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan. KAlian juga dapat memberikan masukan dengan menuliskanya di kolom komentar. Terimakasih telah mengunjungi blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *