Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis

Cara Agar Baterai Android Tidak Cepat Habis- Baterai adalah komponen yang terdapat pada setiap alat elektronik porteble atau alat elektronik yang dapat dibawa kapanpun yang memiliki fungsi sebagai sumber energi agar alat elektronik tersebut dapat digunakan sebagai mana seharisnya ia bekerja. Pada android, baterai adalah salah satu permasalahan pada saat penggunanya bepergian jauh atau untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama. Berbagai cara mungkin sudah digunakan oleh sebagian orang untuk menjaga agar baterai tidak cepat habis. Namun apakah anda sudah mengetahui cara ap saja yang dapat mencegah baterai tidak cepat habis? Berikut adalah beberapa cara agar baterai android anda tidak cepat habis:

Baca juga: Cara Menormalkan Kembali Android Yang Lemot.

1.Mematikan Aplikasi Yang Bekerja Di Background

Para pengguna android pastinya akan memasang beberapa aplikasi yang mereka unduh dari berbagai macam situs. Beberapa aplikasi juga ada yang berjalan atau beroprasi pada background. Aplikai aplikasi inilah yang dapat terus menerus menyedot tenaga atau energi dari baterai yang dapat membuat baterai cepat berkurang bahkan habis.

Sangat disarankan bagi anda yang sedang melakukan perjalanan jauh atau sedang bermain game, untuk me-nonaktifkan aplikasi aplikasi yang bekerja pada background guna menghemat baterai. Cara mematikanya sendiri adalah dengan anda pergi ke pengaturan, lalu pilih Apps, kemudian ke Running Service lalu anda pilih aplikasi yang berjalan pada background tersebut.

2.Mematikan Widget Pada Halaman Utama.

Pada android pastinya akan memiliki fitur widget. Widget sendiri adalah perwakilan dari suatu aplikasi yang berguna sebagai jalan pintas untuk menuju aplikasi tersebut tanpa harus membuka halaman menu terlebih dahulu.

Karena widget bekerja pada background android maka dapat dipastikan bahwa widget dapat menyedot secara terus menerus baterai sehingga membuat baterai terasa sangat boros. Jadi sangat disarankan bagi anda untuk meminimalisir penggunaan widget pada android ande sehingga dapat menghemat baterai.

3.Mengaktifkan Airplane Mode

Airplane mode adalah fitur dimana jika kita mengaktifkanya maka seluruh jaringan baik itu untuk menelepon atau berinternet akan terputus.

Metode penghematan ini dapat digunakn ketika anda tidak akan menggunakan android anda dalam jangka waktu yang lumayan lama. Sehingga pada saat anda akan menggunakanya kembali, anda hanya perlu me nonaktifkan Airplane Mode (Mode Pesawat) agar bisa kembali terhubung dengan jaringan.

4.Memasang Aplikasi Baterai

Jika anda ingin memiliki jalan pintas untuk memonitori atau mengawasi jalanya berbagai aplikasi yang memakan baterai, maka anda hanya perlu memasang aplikasi baterai untuk mengatasinya.

Pada aplikasi baterai pasti sudah dilengkapi dengan fitur pemindaian penggunaan baterai sehingga anda akan diarahkan untuk melakukan sesuatu guna menghemat baterai dari aplikasi aplikasi yang banyak memakan energi.

5.Menggunakan Wifi/Myfi.

Para pengguna android pastinya akan menggunakan media sosial untuk terus update tentang peristiwa peristiwa terbaru. Akan tetapi pastinya semua itu akan memerlukan sambungan data intuk tersambung ke internet. Maka para pengguna pastiakan membeli kuota untuknya.

Penggunaan data melalui kartu yang sudah diisi oleh kuota ternyata juga dapat mempengaruhi baterai. Maka sangat disarankan untuk anda agar lebih memilih menggunakan wifi atau myfi guna menghemat baterai lebih dalam lagi.

6.Mengatur Kecerahan Dan Waktu Rehat Layar.

Pada Usaha yang satu ini memanglah sudah menjadi hal yang sangat biasa, namun masih banyak pengguna android yang tidak menyadari akan hal tersebut.

Pemasangan waktu rehat layar ketika tidak dioprasikan ternyata juga dapat membantu untuk lebih menghemat energi. Kecerahan layar juga dapat dikondisikan dan juga dapat sebagai peminimalisir rusaknya lensa mata karena pancaran cahaya yang terang dari layar.

7.Mengatur Sync.

Apa itu sync? Sync adalah sebuah fitur yang ada pada android yang berfungsi untuk mensinkronisasi berbagai akun yang telah digunakan, atau bisa disebut juga sebagai notifikasi bahwa ada update dari aplikasi yang telah terpasang. Banyaknya aplikasi media sosial yang telah dipasang adalah yang paling banyak menyerap energi baterai karena media sosial pastinya akan terus update setiap hari, jam bahkan menit nya. Jadi sebaiknya anda mematikan sync agar tidak otomatis lagi.

diatas adalah beberapa cara yang lumayan efektif untuk menghemat baterai android anda ketika sedang anda butuhkan. Terimakasih telah mengunjungi blog ini. Saya harap kalian dapat mengambil manfaat yang ada di dalam artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *