10 Cara Ampuh Untuk Menormalkan Kembali Android Yang Lemot

Cara Menormalkan Kembali Handphone Yang Lemot- Handphone merupakan alat yang setiap hari pasti kita pegang. Handphone yang sekarang sudah merajai kehidupan di dunia ini memang sudah semakin canggih dan memiliki banyak sekali jenis. Seiring berjalanya waktu, handphone yang anda miliki semakin lama semakin lamban dalam melakukan proses atau pekerjaanya. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja handphone anda. Pada kali ini, saya tidak akan menunjukan faktor penyebab handphone anda menjadi lelet melainkan bagaimana Cara Menormalkan Kembali Handphone Yang Lemot. Berikut adalah beberapa caranya:

Baca Juga: Cara Membersihan Alat Elektronik Dengan Aman

1.Kapasitas Memory Yang penuh.

Pada kasus yang sering terjadi, Penyebab dari menurunya performa kinerja handphone adalah pada memorynya.

Memang pada semua jenis handphone atau bahkan androin memiliki kapasitas memory dan juga RAM yang berbeda. Penggunaan memory yang hampir memenuhi kapasitas, dapat diatasi dengan cara memindahkanya dari memory internal ke kartu memory,atau jika data data itu penting dan tidak dapat untuk dipindahkan ke kartu memory anda sebaiknya menggunakan android atau handphone yang sudah disediakan kapasitas internal memory yang luas atau banyak sehingga anda tidak perlu memindahkanya ke kartu memory.

2.Menggunakan Aplikasi Penghapus Data Tidak Berguna.

Penggunaan internal memory pastinya juga membutuhkan bantuan dari aplikasi yang mana dapat meminimalisir penyimpanan data yang tidak berguna maupun data jejak atau jistory yang tidak ada gunanya sama sekali.

Daripada menunstal aplikasi banyak banyak yang dapat membuat kapasitas internal memory penuh, lebih baik anda menginstal aplikasi serbaguna yang dapat juga digunakan sebagai penghapus data yang tidak berguna. Karena dalam satu aplikasi anda bisa mendapatkan banyak fitur khusus seperti partisi SD Card, backup aplikasi, link aplikasi ke memory card, dan lainnya.

3.Menggunakan Satu Antivirus Saja.

Antivirus adalah aplikasi yang dapat menghindari terjadinya error dan kerusakan bahkan kehilangan data yang ada pada handphone atau android kamu. Pada dasarnya antivirus itu bekerja secara terus menerus pada background yang berdampak pada kapasitas RAM yang boros dan melemahkan performa kinerja handphone atau android. Dapat dibayangkan jika anda memasang lebih dari satu antivirus. Memasang lebih daru satu antivirus juga sebenarnya tidak baik. Karena antivirus yang satu dengan antivirus yang lain akan saling mendeteksi bahwa antivirus itu adalah virus.

Jadi kedua antivirus akan saling menjatuhkan dan pada kondisi ini, virus akan dapat masuk dengan bebas tanpa ada pengawasan dari antivirus. Maka jika anda memiliki lebih dari satu antivirus maka hapus semuanya lalu instal kembali salahsatunya. karena memiliki kemungkinan bahwa fitur pada antivirus yang satu sudah terhapus oleh antivirus yang lainya. Dan juga ada hal yang mungkin kamu belum ketahui yaitu. Siapakah pembuat virus? Jawabanya adalah pencipta antivirus itu sendiri. Karena untuk memasarkan antivirusnya maka developer tersebut akan menyebarkan visrus agar para korban mendownload antivirus yang mereka ciptakan. Maka sebaiknya kita tidak usah mendownload antivirus. Gunakanlah antivirus bawaan saja.

4.Menggunakan Aplikasi Berbayar.

Aplikasi gratis memanglah sudah menjadi buronan semua pengguna handphone atau android. Aplikasi gratis sebenarnya adalah untuk menguji coba kepada konsumen untuk diteliti lebih lanjut apakah ada bug yang terdapat didalam aplikasi tersebut.

Penggunaan aplikasi gratis juga sebenarnya membuat kapasitas internal memory penuh karena pada aplikasi tanpa prabayar pastilah mengandung iklan iklan yang berukuran besar. Jadi sangat disarankan jika anda menggunakan aplikasi gratisan untuk menghapusnya dan mendownload yang berbayar saja (Kalau masih mau yang gratisan maka anda harus bisa meng crack nya).

5.Selalu Meng-upgrade Software Jika Ada Pemberitahuan Masuk.

Jika pada handphone atau android yang anda punya mendapatkan notifikasi untuk meng-upgrade software, segeralah melakukan peng-upgrade an karna sistem ini bertujuan untuk menghilangkan bug dan meningkatkan performa handphone atau android yang anda miliki. Hal ini juga berlaku untuk aplikasi aplikasi yeng telah kamu pasang dari google play atau yang lainya.

6.Kurangi Penggunaan Widget.

Peran widget adalah untuk sebagai pemercantik halaman layar depan handphone atau android. Widget akan bekerja terus menerus di background handphone. Widget bukan hanya menjadi pemercantik tampilan, Melainkan dapat digunakan sebagai jalan pintas untuk membuka sebuah aplikasi tanpa harus masuk ke halaman menu.

Tapi walaupin dapat membuat tampilan menjadi lebih indah dan sebagai jalan pintas, widget juga akan mengkonsumsi RAM yang tidak terbilang sedikit yang berdampak kepada handphone atau android anda yang akan semakin lemot dan penurunanya kinerja handphone atau android anda.

7.Menghapus Atau Menghentikan Aplikasi Yang Tidak Terpakai.

Mencoba berbagai aplikasi memanglah sudah sewajarnya bagi para pengguna. Namun aplikasi yang di unduh mungkin hanya digunakan pada awal awal saja atau memiliki fungsi yang sama seperti aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

Pada pemasangan aplikasi coba coba ini pastinya akan memakan banyak sekali ruang untuk menyimpan data aplikasi tersebut. MAka disarankan bagi anda yang memiliki handphone yang lemot untuk mencoba melakukan hal ini.

8.Kurangi Atau mematikan Animasi.

Animasi adalah salah satu penyebab habisnya atau termakanya RAM yang berdampak pada kinerja handphone atau android anda. Jadi sangat disarankan untuk anda agar mematikan seluruh animasi bergerak yang ada di layar anda.

9.Membersihkan Cache Data

Cache merupakan tempat untuk menyimpan data sementara dari aplikasi yang telah atau saat ini anda gunakan. Dengan adanya cache dapat mempermudah anda untuk membuka kembali apa yang telah anda tutup sebelumya.

Namun hal ini juga akan berdampak pada terisinya internal memory untuk mengingat kembali jejak jejak anda. Maka dari itu anda dianjurkan untuk menghapusnya agar internal memory anda tidak cepat penuh dan membuat lemot.

10.Mengganti Launcher.

Kelebihan dari android adalah pada kemudahanya untuk melakukan kostumisasi. Jika anda merasa bosan dengan tampilan bawaan pabrik, anda dapat mengubahnya atau mengganti launcher lain.

Selain untuk mengganti tampilan, penggantian launcher juga dapat menambah performa perangkat anda yang terasa lemot karena UI bawaanya. Beberapa launcher diantaranya juga bukan hanya mengganti tampilan namun juga membuat perangkat yang anda gunakan semakin cepat dan ringan saat menggunakan berbagai aplikasi.

Diatas adalah beberapa cara ampuh untuk memulihkan kembali handphone atau android anda yang kian lama makin lemot saja. Berikan komentar terhadap artikel ini jika adal kesalahan atau ketidak pahaman tentang artikel ini.

 

 

Satu tanggapan untuk “10 Cara Ampuh Untuk Menormalkan Kembali Android Yang Lemot”

  1. nisa berkata:

    terimakasih infonyaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *