Penyebab Naiknya Berat Badan,Penyakit Dan Cara Menurunkannya

Penyebab Naiknya Berat Badan- Berat badan merupakan ukuran yang biasa digunakan untuk memperkirakan nilai gizi seseorang. Berat badan juga seringkali dibuat untuk menambah ketamoanan dan kecantikan. Bagi orang di indonesia sendiri, berat badan merupakan kunci utama untuk mendapatkan pasangan. Bukan karena uang dan ketampanan wajah. Berat badan juga yang membuat seseorang tertarik untuk memiliki anda. Bagi seseorang yang memiliki berat badan melebihi normal (gemuk, gemdut atau buncit) akan merasa tidak prcaya diri ketika berjumpa dengan kawanya maupun orang lain yang membuat dirinya untuk ingin menurunkan berat badanya dengan cara ber diet. Namun apakah anda tau penyebab kelebihan berat badan yang dialami seseorang? Berikut adalah beberapa penyebabnya:

Penyebab Bertambahnya Berat Badan

1.Terlalu Depresi

Depresi merupakan kesedihan yang berkepanjangan, Putusnya suatu harapan, dan tidak memiliki dorongan motivasi untuk melakukan suatu aktivitas, hilangnya rasa tertarik untuk melakukan hal yang tadinya disenangi, dan selalu menyalahkan diri sendiri. Keadaan ini membuat seseorang hanya dapat berpikir untuk makan sehingga membuat dirinya akan bertambah beratbadanya yang secara signifikan. Hal ini yang dapat membuat seseorang yang tadinya kurus tiba tiba dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama menjadi gemuk. Mengkonsumsi makanan dengan jumlah yang tidak terkontrol inilah yang menjadi penyebab utama bertambahnya berat badan.

2.Pengaruh Dari Obat

Beberapa obat yang anda konsumsi ternyata juga dapat menambah berat badan anda. Obat yang anda konsumsi yang berkemungkinan memiliki efek menambah napsu makan ini yang dapat membuat anda bertambah berat badan. Ada juga beberapa obat seperti pil KB, steroid, penambah hormon, beta-blocker untuk penyakit jantung dan untuk tekanan darah, obat kanker payudara (Tamoxifen), obat anti kejang, obat migrand dan nyeri ulu hati, dan mungkin itu semualah yang menyebabkan bertambahnya berat badan anda. Maka perhatikanlah pada saat anda ingin atau akan meminum obat saat menjalani program diet agar tidak salah mengkonsumsi obat, atau anda berkonsultasi ke dokter cara agar berat badan anda menurun dengan mengkonsumsi obat alami.

3.Terjadinya Masalah Pada Pencernaan

Pencernaan manusia memanglah tidak sering mengalami masalah, tapi juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya masalah tersebut. Masalah yang terjadi pada pencernaan seseorang itu tidak lain adalah buang air besar yang tidak lancar yang menjadi sumber penjelas bertambahnya berat badan anda. Idealnya anda setelah makan lalu selang beberapa jam kemudian anda akan merasakan mules yang membuat anda harus pergi ketoilet untuk buang air besar. Jika anda jarang membuang air besar maka kemungkinan besar anda akan mengaalami kenaikan berat badan anda.

4.Bertambahnya Usia

Seluruh makhluk hidup juga akan mengalami fase bertambah usia atau bertambah tua, Tidak terkecuali manusia. Manusia juga akan bertambah usianya dan akan mengalami kematian pada saatnya. Lalu apa hubunganya bertambahnya umur dengan penambahanya berat badan? Jawabanya ialah karena semakin tua atau semakin bertambah umur maka metabolisme pencernaan pada manusia akan mengalami perlambatan karna faktor usia.Maka kita akan tidak asing lagi jika melihat orang yang dulu kita kenal kekar ataupun kurus, kini menjadi gemuk atau buncit. Sebagai contoh para pemain pertandingan gulat atau yang sering kita sebut Smack Down dulunya memiliki tubuh yang berotot namun sekarang sudah banyak yang kehilangan otot otot mereka dan malah menjadi buncit. Pernahkah kalian perhatikan itu?

5.Faktor Keturunan

Faktor keturunan juga dapat menjadi alasan yang sangat kuat. Karena ada juga pepatah mengatakan “Buah Jatuh Tidak Jauh Dari Pohonya”. Maka anak dari orang tua yang obesitas atau kegemukan juga dapat terkena dampaknya atau tertular kebiasaanya.

6.Rekayasa Industri Produsen Makanan

Teknologi jaman sekarang juga sudah dianggap sangatlah canggih. Pada produk produk makanan yang memiliki atau direkayasa sehingga memiliki murah, tahan lama dan enak yang dapat penikmatnya dapat merasa kecanduan dan akan terus menerus memakanya dengan jumlah yang banyak, sehingga menimbulkan faktoor bertambahnya berat badan yang berlebihan (obesitas). Dan lain lain

Penyakit Yang Dapat Timbul Karena Obesitas

1. Dapat Menyebabkan Diabetes

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas memiliki kemungkinan atau persentase empat kali lebih besar terkena Diabetes ketimbang orang yang bertubuh ideal. Kebiasaan untuk makan, menonton Televisi sambil ngemil dan tidak rajin berolahraga, berujung pada kegemukan yang mengakibatkan insulin pada tubuh yang akan terganggu kinerjanya. Ditambah lagi orang yang sudah terkena diabetes dapat memicu penyakit penyakit lain datang dan akan mengalami penyakit yang lebih serius.

2.Memicu Kanker.

Obesitas dan kegiatan aktivitas sehari hari yang menurun atau kurang juga dapat memicu datangnya enyaki kanker karena kanker merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Aktivitas sehari hari maupun olahr raga dapat merangsang fungsi jaringan pada otot tidak terkecuali usus, yang dapat membuat sel sel jahat tidak dapat menempel pada dinding usus yang dapat membuat datangnya penyakit kanker.

3. Mengganggu Kesuburan.

Obesitas ternyata juga dapat mengganggu kesehatan seksual, Para peneliti juga sudah mengatakan bahwa obesitas adalah penyebab penyakit yang paling memiliki presentase untuk mendatangkan banyak penyakit. Hormon ditubuh juga akan makin tidak stabil, yang dapat memancing penyakit jantung dan pengeroposan tulang atau osteoporosis, Pria yang obesitas memiliki kemungkinan untuk memiliki penyakit ereksi. Maka sudah dipastikan anda mengalami gangguan pada organ seksua anda jika anda adalah seseorang yang obesitas.

4.Napas Yang Terlalu Pendek.

Bernapas merupakan suatu kebutuhan makhluk hidup yang paling utama. Bayaangkan jika anda susah bernapas atau bahkan tidak bisa bernapas. Pastinya anda akan mati. Kasus ini sering dialamai oleh orang yang kegemukan atau obesitas. Hal ini terjadi karena lemak yang menumpuk bahkan menutupi saluran pernafasan. Hal inilah yang mengakibatkan orang orang obesitas akan bernafas lebih pendek daripada orang yang memiliki berat badan ideal.

5.Gangguan Tidur (Mendengkur)

Mendengkur atau dengan nama lain Sleep Apnea merupakan suatu penyakit yang ditimbulkan oleh obesitas. Tanda tandanya ialah sulit untuk tidur nyenyak dan suka mendengkur saat tertidur. Penyakit ini adalah proses dimana saluran pernafasan yang terhalang atau lebih tepatnya terhempit, sehingga mengebabkan organ organ pernafasan akan memaksakan bagaimanapun caranya agar sirkulasi udara terkontrol kembali. Sehingga mulut akan sendirinya terbuka dan pastiny orang itu akan mendengkur (ngorok). Dan lain sebagainya.

Cara Menurunkan Berat Badan

1.Menentukan Porsi Dan Jumlah Makan Dalam Satu Hari

Menentukan jumlah porsi makan, adalah cara yang sudah sangat sederhana untuk mennurunkan berat badan. Dengan mengatur banyaknya jumlah kalori yang akan dikonsumsi, dapat membuat asupan gizi dan lemak akn ter kontrol dengan baik sehingga akan mengurangi obesitas. Dan yang paling perlu diingat adalah jika anda sedang melakukan program diet maka jangan terlalu terobsesi dengan penurunan berat badan secara cepat dengan cara hanya makan satu kali yang biasanya satu hari bisa makan sampai tiga kali karena itu juga dapat membahayakan kesehatan anda. Bukan malah mendapatkan apa yang anda harapkan tetapi malah mendapatkan penyakit yang menyerang tubuh anda.

2.Selalu Berfikir Secara Optimis

Pikiran percaya diri dan optimis, dapat membantu anda untuk lebih bersemangat dan tidak merasa apa yang anda telah lakukan itu tidak sia sia. Pemikiran yang optimis pula yang dapat menjadikan harapan akan apa yang anda inginkan akan tercapai dan anda akan merasa bahagia setelah anda dapat untuk meraihnya. Dan jangan membayangkan makanan makanan ringan selama program diet berlangsung.

3.Memperbanyak Aktivitas

Beraktivitas pada umumnya memanglah hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Tetapi lain ceritanya jika anda adalah seorang yang obesitas. Seseorang yang obesitas akan cenderung malas untuk beraktivitas secara umum. Maka jika anda memang benar benar ingin untuk mendapatkan tubuh yang ideal, maka anda harus sering bergerak untuk mengeluarkan tenaga sekaligus untuk membakar lemak yang ada didalam tubuh anda, supaya anda akan merasa sehat dikemudian hari bahkan sampai tua nanti.

4.Perbanyak Mengkonsumsi Air Mineral

Seperti yang kita ketahui bahwa air mineral dapat membantu untuk melancarkan metabolisme yang ada pada tubuh manusia bahkan hewan dan tumbuhan. Maka memperbanyak mengkonsumsi air mineral jiga dapat membantu anda sebagai penunda lapar dan sebagai pembantu program diet anda, dengan cara anda meminum air meneral itu sebelum anda makan jadi, porsi makan anda sedikit demi sedikit akan berkurang karena telah meminum air mineral terlebih dahulu.

5.Mengkonsumsi Jus Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak sekali vitamin C. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C ini dapat menyedot kalsium dalam sel sel lemak, yang dapat menurunkan berat badan. Mengkonsumsi jeruk nipis ini sangatlah mudah apabila kita mengolahnya menjadi jus jeruk nipis dan dikonsumsi pada saat sarapan dan saat akan tidur.

Diatas adalah 5 Penyebab Naiknya Berat Badan,5 Penyakit Dan Cara 5 Menurunkannya yang dapat saya sampaikan. Mudah mudahan dapat membantu anda dalam menjalankan kehidupan dan keseharian anda. Berilah komentar terhadap artikel ini jika anda menemukan keanehan atau anda kurang paham dengan apa yang telah saya sampaikan. Terimakasih.

Satu tanggapan untuk “Penyebab Naiknya Berat Badan,Penyakit Dan Cara Menurunkannya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *