Manfaat Kulit Buah Disekitar Kita Dan Cara Pengolahanya Bagi Kesehatan

Manfaat Kulit Buah Bagi Kesehatan- Manfaat Kulit Buah Bagi Kesehatan yang mungkin bagi sebagian besar orang belum mengetahuinya. BAnyak dari kita beranggapan bahwa kulit buah tidak berguna bagi kesehatan. Ternyata tidak semua kulit buah tidak memiliki manfaat. Beberapa kulit buah ternyata juga memiliki khasiat yang tidak kalah hebatnya dengan buah itu sendiri. Berikut adalah beberapa kulit buh yang memiliki manfaat ekstra:

Baca Juga:Penyebab Naiknya Berat Badan Dan Cara Menurunkanya.

1. Kulit Buah Manggis.

Seperti Yang kita ketahui bahwa kulit manggis sudahlah sangat terkenal dan banyak mengandung khasiat yang banyak.

Kandungan xantone yang ada didalam kulit dan di buah manggisnya sendiri bersifat anti proliferasi dan apopsis yang efektif untuk menghambat pertumbuhan dan juga menghancurkan sel-sel kanker. Caranya adalah dengan kita membuat jus kulit manggis dan meminumnya secara teratur dan terus menerus.

Dan khusus untuk kaum perempuan, kulit dari buah manggis ini juga dapat membuat awet muda. Kandungan antioksidan di dalamnyalah yang mampu mencegah penuaan dini dan dapat meregenerasi sel kulit.

Kulit manggis dapat diekstrak dan dijadikan untuk pewarna alami yang dapat dicampurkan ke dalam bahan makanan ataupun minuman.

Berikut adalah manfaat dari rebusan kulit manggis yaitu:

-Dapat sebagai obat penurun suhu pada tubuh saat terkena demam

-Dapat sebagai obat untuk mengatasi diare

-Dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi disentri.

2.Kulit Dari Mentimun

Vitamin dan minyak yang ada didalam kulit mentimun sangat bermanfaat untuk kulit. Caranya yaitu dengan menempelkan kulit mentimun di atas mata untuk mengurangi bengkak dan kemerahan. Dan bisa juga ditempelkan pada wajah dan leher sebagai masker.

Kulit timun sendiri ternyata memiliki kandungan vitamin K yang mampu memicu produksi protein protein yang dapat membantu tulang agar tulang menjadi lebih kuat dan padat. Viamin K sendiri juga memiliki fungsi untuk memicu sel sel baru yang ada pada tubuh. Vitamin K juga dapat membuat darah setengah membeku agar jika terjadi luka, darah akan sendirinya berhenti mengalir agar diri anda tidak kehabisan darah.

3.Kulit Buah Apel

Kulit dari buah apel seringkali bahkan setiap kita akan memakan buah apel pasti akan membuangnya begitusaja. Padahal banyak khasiat dan kegunaan yang sangat banyak yang terkandung didalam kulit apel tersebut. Berikut adalah 5 diantaranya:

1.Dapat mengatasi masalah pernafasan dan paru paru.

Memaakan daging apel dengan disertai kulitnya dipercaya dapat mengatasi masalah pada pernapasan. Kandungan yang ada pada buah apel yang bernama quercetin, dapat membuat paru-paru berfungsi dengan baik.

2.Dapat Mencegah hilangnya ingatan.

Quercetin yang terdapat pada kulit apel juga dapat melindungi sel otak dari kerusakan dan dapat mencegah hilangnya ingatan. Zat yang ada didalam kulit apel juga dapat mengobati masalah kepikunan dan dapat meningkatkan konsentrasi.

3.Mengatasi Masalah Pada Mata.

Zat pada kulit apel apel ternyata juga dapat mengurangi resiko terkenanya penyakit katarak.

4.Dapat Menjaga Kesehatan Gigi.

Kulit apel juga dapat dugunakan sebagai pencegah rusaknya gigi atau gigi berlubang. Pada proses mengunyah apel bersamaan dengan kulitnya, dapat membuat gigi lebih putih dan sehat dengan menambah tingkat produksi air liur dalam mulut.

5.Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan.

Kulit apel memiliki enzim yang bernama asam ursolat. Zat inilah yangdapat membantu proses penurunan berat badan. Maka jika anda adalah seseorang yang obesitas, anda disarankan untuk memakan buah apel secara menyeluruh dengan mengikut sertakan kulitnya tapi tidak batangnya.

4.Kulit Pisang

Kulit pisang yang sebagian dari kita ketahui hanyalah dapat digunakan sebagai baterai atau sumber listrik sederhana. Namun ternyata kulit pisang memiliki banyak manfaat yaitu:

1.Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Kulit pisang dalam penggunaanya bukanlah untuk dimakan, melainkan digunakan untuk bahan dasar masker wajah. Kulit pisang memiliki beberapa vitamin seperti vitamin B, Vitamin C, Vitamin B6, Magnesium, Zat Besi, Fosfor, Dan Kalim yang berada di dalamnya. Kandungan antioksidan dan anti jamur yang terdapat pada kulit pisang ini juga dapat mengurangi minyak berlebih serta dapat menangani iritasi dan rasa gatal pada kulit yang berjerawat, yang dapat mempercepat proses penyembuhan dan juga dapat menghilangkan bekas jerawat pada kulit.

2. Memutihkan Gigi

Salah satu khasiat dari kulit pisang, ialah dapat mmemutihkan gigi. Kandungan mangan, magnesium, dan potassium yang terdapat pada kulit pisang, adalah penyebab utama mengapa kulit pisang dapat sebagai pemutih gigi.

3.Mengobati Luka

Manfaat lain dari kulit pisang salah satunya ialah dapat mengobati luka. Cara penggunaanya sendiri ialah dengan cara menempelkan kulit pisang pada bagian yang terluka tersebut.

4. Menghilangkan rasa sakit di kepala

Memanglah tidak disangka sangka bahwa kulit pisang ternyata juga dapat meringankan sakit pada kepala dengan cara menumbuknya lalu menaruhnya pada dahi. Fungsinya tidak lebih seperti kompres pada umumnya.

5.Kulit Semangka

Kulit semangka sebagai penangkal radikal bebas. Kandungan citrulline adalah senyawa yang berada di dalam kulit semangka, zat inilah yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas. Zat citrulline yang nantinya akan dijadikan asam amino lalu akan dimanfaatkan oleh hati dan perlindungan sistem kekebalan tubuh dan akan menjaga tubuh dari racun berbahaya yang bersarang di dalam tubuh.

6.Kulit Alpukat

Buah alpukat adalah buah yang sangat diminati oleh semua orang (bagi yang tidak alergi alpukat) tidak terkecuali anak anak maupun orang dewasa. Cara pengambilan buahnya sendiri biasanya dengan cara mengeruknya menggunakan sendok sehingga meninggalkan kulitnya yang masih utuh tidak hancur berantakan. Setelah mengupasnya, pasti sebagian besar orang akan membuang kulit alpukat secara cuma cuma. Namun dibalik itu semua, ternyata kulit alpukat memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Diantaranya:

1.Kulit Alpukat Sebagai Penghilang Jerawat.

Kulit alpukat mengandung senyawa vitamin, mineral, antioksidan dan antibakterial yang sangat tinggi, yang dimana kandungan kandungan tersebut dapat membuat hilangnya jerawat dan akan menghapus bekas jerawatnya secara permanent.

2.Pelancar Buang Air Kecil.

menurut beberapa penelitian yang dilakukan, kulit alpukat memiliki manfaat yaitu dapat melancarkan buang air kecil manusia karena memiliki daya melarutkan saluran kemih atau efek diuritik.

3.Dapat Menyamarkan Garis Halus Dan Keriput.

Pada zaman sekarang,Radikal bebas sudah menjadi hal yang sangat biasa terutama di daerah perkotaan. Menjaga kulit agar tetap terlihat kencang bukanlah hal yang mudah. Namun tidak menutup kemungkinan juga kita dapat mendapatkanya. Kulit dari buah alpukat juga mampu membantu agar kulit selalu tetap terlihat awt dan kencang.

Diatas adalah beberapa buah yang kulitnya juga memiliki khasiat atau manfaat yang tidak kalah hebatnya dengan daging buahnya sendiri. Sebenarnya memang masih banyak sekali kulit buah yang memiliki khasiat luar biasa diluar sana, tetapi dengan keterbatasanya waktu dan ruang, saya hanya dapat menerangkan 6 kulit buah saja. Tanyakan hal yang sekiranya kurang dipahami di kolom komentar agar dapat menyempurnakan artikel ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *